Label

Kamis, 28 Juni 2012

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)



PHK adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha. Apabila kita mendengar istilah PHK, yang biasa terlintas adalah pemecatan sepihak oleh pihak pengusaha karena kesalahan pekerja. Karenanya, selama ini singkatan ini memiliki konotasi negatif. Padahal, kalau kita tilik definisi di atas yang diambil dari UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, dijelaskan PHK dapat terjadi karena bermacam sebab. Intinya tidak persis sama dengan pengertian dipecat.
Tergantung alasannya, PHK mungkin membutuhkan penetapan Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (LPPHI) mungkin juga tidak. Meski begitu, dalam praktek tidak semua PHK yang butuh penetapan dilaporkan kepada instansi ketenagakerjaan, baik karena tidak perlu ada penetapan, PHK tidak berujung sengketa hukum, atau karena pekerja tidak mengetahui hak mereka.
Sebelum Pengadilan Hubungan Industrial berdiri pada 2006, perselisihan hubungan Industrial masih ditangani pemerintah lewat Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P) dan Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Daerah (P4D) serta Pengadilan Tata Usaha Negara.
Pekerja kontrak dan tetap
Pengaturan kompensasi PHK berbeda untuk pekerja kontrak (terikat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu-PKWT) dan pekerja tetap (terikat Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu-PKWTT). Dalam hal kontrak, pihak yang memutuskan kontrak diperintahkan membayar sisa nilai kontrak tersebut. Sedangkan bagi pekerja tetap, diatur soal wajib tidaknya pengusaha memberi kompensasi atas PHK tersebut.
Dalam PHK terhadap pekerja tetap, pengusaha diwajibkan membayar uang pesangon, dan atau uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima pekerja. Perlu dicatat, kewajiban ini hanya berlaku bagi pengusaha yang melakukan PHK terhadap pekerja untuk waktu tidak tertentu. Pekerja dengan kontrak mungkin menerima pesangon bila diatur dalam perjanjiannya.
Alasan/sebab PHK
Terdapat bermacam-masam alasan PHK, dari mulai pekerja mengundurkan diri, tidak lulus masa percobaan hingga perusahaan pailit. Selain itu:
1.      Selesainya PKWT
2.      Pekerja melakukan kesalahan berat
4.      ­Pekerja mengajukan PHK karena pelanggaran pengusaha
5.      ­Pekerja menerima PHK meski bukan karena kesalahannya
6.      ­Pernikahan antar pekerja (jika diatur oleh perusahaan)
7.      PHK mMassal - karena perusahaan rugi, force majeure, atau melakukan efisiensi.
9.      ­Perusahaan pailit
10.  ­Pekerja meninggal dunia
11.  ­Pekerja mangkir 5 hari atau lebih dan telah dipanggil 2 kali secara patut
12.  ­Pekerja sakit berkepanjangan
13.  ­Pekerja memasuki usia pensiun

Manajemen Keuangan Sekolah

Manajemen Keuangan
a.    Pengertian Administrasi Keuangan Sekolah
           Manajemen keuangan menurut Maisyaroh (2003:97) adalah suatu proses melakukan kegiatan mengatur keuangan dengan menggerakkan tenaga orang lain.
                                    Pembiayaan pendidikan hendaknya dilakukan secara efisien. Makin efisien suatu sitem pendidikan, semakin kecil dana yang diperlukan untuk pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. Untuk itu, bila sistem keuangan sekolah dikelola secara baik akan meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan. Artinya,  dengan anggaran yang tersedia, dapat mencapai tujuan-tujuan pendidikan secara produktif, efektif, efisien, dan relevan antara kebutuhan di bidang pendidikan dengan pembangunan masyarakat.
                        Untuk mencapai hal-hal seperti di atas maka diperlukan adanya proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan melaporkan kegiatan bidang keuangan agar tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien.
            1)  Perencanaan
                            Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam menyusun rencana keuangan sekolah sebagai berikut.
a)    Perencanaan harus realistis
                     Perencanaan harus mampu menilai bahwa alternatif yang dipilih sesuai dengan kemampuan sarana/fasilitas, daya/tenaga, dana, maupu waktu.
b)   Perlunya koordinasi dalam perencanaan.
c)    Perencanaan harus mampu memperhatikan cakupan dan sarana/ volume kegiatan sekolah yang kompleks.
d)   Perencanaan harus berdasarkan pengalaman, pengetahuan, dan intuisi.
e)    Pengalaman, pengetahuan, dan intuisi, mampu menganalisa berbagai kemungkinan yang terbaik dalam menyususn perencanaan.
f)    Perencanaan harus fleksible (luwes).
g)   Perencanaan mampu menyesuaikan dengan segala kemungkinan yang tidak diperhatikan sebelumnya tanpa harus membuat revisi.
h)   Perencanaan yang didasrkan penelitian
i)     Perencanaan yang berkualitas perlu didukung suatu data yang lengkap dan akurat melalui suatu penelitian.
j)     Perencanaan akan menghindari under dan over planning.
k)   Perencanaan yang baik akan menentukan mutu kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan.
             2) Organisasi dan Koordinasi
                        Kepala sekolah dituntut untuk dapat mengorganisasikan dengan menetapkan orang-orang yang akan melaksanakan tugas pekerjaan, membagi tugas, dan menetapkan kedudukan, serta hubungan kerja satu dengan lainnya agar tidak terjadi benturan dan kesimpangsiuran satu dengan lainnya. Orang-orang yang diperlukan untuk mengelola kegiatan dana di sekolah antara lain:
a)    Bendahara.
b)   Pemegang buku kas umum.
c)    Pemegang Buku Pembantu Mata Anggaran, Buku Bank, Buku Pajak Regristasi SPM, dan lain-lain.
d)   Pembuat Laporan dan Pembuat Arsip Pertanggungjawaban Keuangan.
               3)  Pelaksanaan
                        Staf yang dipilih untuk untuk membantu pengelolaan keuangan sekolah dituntut untuk memahami tugasnya sebagai berikut:
a)    Paham pembukuan.
b)   Memahami peraturan yang berlaku dalam penyelenggaraan administrasi keuangan.
c)    Layak dan mempunyai dedikasi tinggi terhadap pimpinan dan tugas.
d)   Memahami bahwa bekerja di bidang keuangan adalah pelayanan.
e)    Kurang tanggapnya bagian keuangan akan dapat mempengaruhi kelancaran pencapaian tujuan.
          4)  Pengawasan
                          Pengawasan adalah seuatu usaha untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan penyimpangan dari rencana instruksi, arahan/ saran dari pimpinan. Dengan pengawasan (controlling) diharapkan penyimpangan yang mungkin terjadi dapat ditekan sehingga kerugian dapat dihindari. Untuk itu, Kepala sekolah dituntut untuk memahami secara garis besar pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana administrasi keuangan, dan paham peraturan-peraturan pemerintah yang mengatur tentang penggunaan dan pertanggungjawaban serta pengadministrasian uang negara.
              b.  Rencana Anggaran dan Sumber Dana Sekolah
                     Anggaran belanja adalah suatu pernyataan yang terurai tentang sumber-sumber keuangan yang perlu untuk melaksanakan berbagai program sekolah selama periode satu tahun fiskal. Proses pembuatan anggaran pendidikan melibatkan penentuan pengeluaran maupun pendapatan yang bertalian dengan keseluruhan operasi sekolah.
          1)  Jenis Kegiatan
              a)  Kegiatan operasi, yaitu kegiatan-kegiatan dengan menggunakan alat atau tanpa alat yang berkaitan dengan proses belajar mengajar baik dalam maupu di luar kelas.
              b)  Kegiatan perawatan, yaitu kegiatan perawatan yang dilakukan untuk memelihara dan memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di sekolah agar sarana prasaran tersebut dapat berfungsi dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar.
          2)  Sumber Dana
              Sumber dana untuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan di sekolah, yaitu:
              a)  Dari pemerintah berupa:
                   -    Anggaran Rutin (DIK)
                   -    Anggaran Operasional, pembangunan dan perawatan (OPF)
                   -    Dana Penunjang Pendidikan (DPP)
              b)  Dari orang tua siswa, adalah dana yang dikumpulkan dari pengurus BP3/ komite sekolah dari orang tua siswa.
              c)  Dari masyarakat, misalnya: sumbangan perusahaan industri, lembaga sosial donatur, tokoh masyarakat, alumni, dsb.
          3)  Penyususnan Rencana Operasional (RENOP)
              Dalam penyusunan RENOP sebaiknya menempuh kebijakan berimbang, dan pelaksanaan operasional di sekolah membentuk  team work yang terdiri dari para wakil kepala sekolah dibantu para wakil kepala sekolah dibantu beberapa guru senior. Atas dasar hasil kerja  team tersebut baru dibahas dalam forum rapat dewan guru dan nara sumber lain yang dianggap perlu, sehingga akan bertanggung jawab terhadap keberhasilan rencana tersebut.

Manajemen Perpustakaan

1.      Manajemen Perpustakaan
Bafadal (2006:3) mendefinisikan perpustakaan sekolah adalah kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan buku (non book material) yang diorganisasisecara sistematis dalam suatu ruang sehingga dapat membantu murid-murid dan guru-guru dalam proses belaja mengajar di sekolah.
Tujuan perpustakaan menurut Bafadal (2006:2) adalah perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap membaca, dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid, dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri, dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca, dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa, dapat melatih murid-murid ke arah tanggung jawab, dapat memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah, dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran, dapat membantu murid-murid, guru-guru, dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar penyelenggaraan perpustakaan sekolah dapat menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar, maka perlu adanya penataan kerja atau pengelolaan perpustakaan.
Menurut Bafadal (2006:9) pengelolaan perpustakaan berarti segenap usaha pengkoordinasian segala kegaitan yang berhubungan dengan penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Untuk membantu penyelenggaraan perpustakaan yang efektif maka perlu diadakan administrasi perpustakaan, yaitu:
            a. Pengelola
            b. Ruang Perpustakaan
            c. Program Kerja
            d. Perlengkapan, seperti: kartu anggota perpustakaan, kartu peminjam,   
     kartu katalog, katalog buku.

Senin, 18 Juni 2012

Karakter Menurut Bulan

Sifat Berdasarkan Bulan Kelahiran

JANUARI
> » - Sangat mudah melihat kelemahan orang lain dan suka mengkritik.
> » - Rajin dan setiap yang dibuat selalu menghasilkan keuntungan.
> » - Suka berbenah atau bersih-bersih dan hal-hal yang serba teratur.
> » - Bersifat sensitif, berfikiran mendalam.
> » - Pandai mengambil hati orang lain.
> » - Mudah mendisiplinkan diri sendiri.
> » - Bersikap romantik tetapi tidak pandai memamerkannya
> » - Cukup sayang pada anak-anak.
> » - Suka berdiam di rumah.
> » - Setia pada segala-galanya.
> » - Perlu belajar untuk hidup bersosialisasi.
> » - Mempunyai rasa cemburu yang sangat tinggi.

FEBRUARI
> » - Berpikiran abstrak.
> » - Inteligent, bijak dan jenius.
> » - Memiliki kepribadian yang mudah berubah.
> » - Mudah menawan hati orang lain.
> » - Agak pendiam, pemalu dan rendah diri.
> » - Jujur dan setia pada segalanya.
> » - Keras hati untuk mencapai tujuan.
> » - Tidak suka dikekang.
> » - Mudah memamerkan dan memperlihatkan amarahnya.
> » - Suka berkawan tapi kurang memamerkannya.
> » - Sangat berani dan suka memberontak.
> » - Bercita-cita tinggi dan suka berangan-angan
> » - Optimis untuk merealisasikan impiannya.
> » - Suka hiburan dan suka akan benda yang bersifat seni.
> » - Berkecenderungan pada benda yang tahyul.
> » - Harus belajar untuk memamerkan emosi (perasaan).

MARET
> » - Berkepribadian yang menarik dan menawan.
> » - Sangat pemalu dan pemendam rasa.
> » - Sangat baik, jujur, pemurah dan mudah simpati.
> » - Suka pada kedamaian.
> » - Sangat peka kepada orang lain.
> » - Tidak cepat marah dan sangat baik hati.
> » - Tahu membalas dan mengenang budi orang.
> » - Pemerhatian dan penilaian yang sangat tajam.
> » - Kecenderungan untuk mendendam jika tidak dikontrol.
> » - Suka berangan-angan.
> » - Suka melancong.
> » - Sangat manja dan suka diberi perhatian yang sangat tinggi.
> » - Suka dengan hiasan rumah tangga.
> » - Punya bakat seni dalam bidang musik.
> » - Kecenderungan kepada benda yang istimewa dan bagus.
> » - Terlalu moody.

APRIL
> » - Sangat aktif dan dinamik.
> » - Cepat bertindak buat keputusan tetapi cepat menyesal.
> » - Sangat menarik dan pandai memanjakan diri.
> » - Punya daya mental yang sangat kuat.
> » - Suka diberi perhatian.
> » - Diplomatik (pandai membujuk, berkawan & menyelesaikan masalah).
> » - Sangat berani dan tidak ada perasaan takut.
> » - Suka petualangan, pengasih, penyayang, sopan santun dan pemurah.
> » - Kecenderungan bersifat dendam.
> » - Kuat daya ingatan.
> » - Gerak hati yang sangat kuat.
> » - Pandai mendorong diri sendiri dan memotivasikan orang lain.
> » - Sangat cemburu dan terlalu cemburu.

MEI
> » - Kuat semangat dan bermotivasi tinggi.
> » - Pemikiran yang tajam.
> » - Mudah marah apabila tidak dikontrol.
> » - Pandai menarik hati orang lain dan menarik perhatian.
> » - Perasaan yang amat mendalam.
> » - Cantik dari segi mental dan fisik.
> » - Tetap pendirian tetapi mudah dipengaruhi oleh orang lain.
> » - Mudah dibujuk.
> » - Bersikap sistematik (otak kiri).
> » - Suka berangan-angan.
> » - Kuat daya firasat, memahami apa yang terlintas di hati orang lain tanpa diberitahu.
> » - Daya khayal yang tinggi.
> » - Pandai berdebat.
> » - Suka sastra,seni dan musik serta melancong.
> » - Tidak berapa suka duduk atau diam di rumah.
> » - Rajin dan bersemangat tinggi.
> » - Agak boros.

JUNI
> » - Berfikiran jauh dan berwawasan.
> » - Mudah digunakan atau dimanfaatkan orang karena sikap baik.
> » - Berperangai lemah lembut.
> » - Mudah berubah sikap, perangai, idea dan mood.
> » - Idea yang terlalu banyak di kepala.
> » - Bersikap sensitif.
> » - Otaknya aktif (senantiasa berfikir).
> » - Sukar melakukan sesuatu dengan segera.
> » - Bersikap suka menunda-nunda.
> » - Bersikap terlalu memilih dan selalu mau yang terbaik.
> » - Cepat marah dan cepat sejuk.
> » - Suka berbicara dan berdebat.
> » - Suka membuat lawakan atau lelucon dan bergurau.
> » - Otaknya cerdas berangan-angan.
> » - Mudah dan pandai berkawan.
> » - Orang yang sangat tertib.
> » - Pandai memamerkan sikap.
> » - Gampang berkecil hati.
> » - Suka berbenah atau bersih-bersih
> » - Cepat merasa bosan.
> » - Sikap terlalu memilih dan cerewet.
> » - Lambat sembuh apabila hatinya terluka.

JULI
> » - Sangat senang apabila didampingi.
> » - Banyak berahasia dan sukar dimengerti, terutama laki-laki.
> » - Tak suka menyusahkan orang lain tapi tidak marah apabila disusahkan.
> » - Mudah dibujuk.
> » - Sangat menjaga hati atau perasaan orang lain.
> » - Sangat ramah.
> » - Berjiwa sentimental.
> » - Mudah memaafkan tapi sukar melupakan.
> » - Membimbing secara fisik dan mental.
> » - Sangat peka, pengasih serta penyayang.
> » - Daya simpati yang tinggi.
> » - Pemerhatian yang tajam.
> » - Suka menilai orang lain.
> » - Mudah dan rajin belajar.
> » - Suka mengenang peristiwa atau kawan lama.
> » - Suka berdiam diri.
> » - Suka duduk atau diam di rumah.
> » - Suka menunggu kawan tapi tidak mencari kawan.
> » - Tidak agresif kecuali terpaksa.
> » - Minta disayangi.
> » - Mudah terluka hati tapi lambat untuk pulih.
> » - Rajin dalam bekerja.

AGUSTUS
> » - Suka bergurau.
> » - Sopan santun dan perhatian terhadap orang lain.
> » - Berani dan tidak mengenal kata takut.
> » - Orangnya agak tegas dan bersikap kepemimpinan.
> » - Pandai membujuk orang lain.
> » - Terlalu pemurah dan bersikap ego.
> » - Nilai harga diri yang sangat tinggi.
> » - Haus akan pujian.
> » - Semangat juang yang luar biasa.
> » - Cepat marah dan mudah mengamuk.
> » - Mudah marah apabila perkataannya dilawan.
> » - Sangat cemburu.
> » - Cepat berpikir.
> » - Suka memimpin dan dipimpin.
> » - Sifat suka berangan.
> » - Romantik, pengasih, penyayang.
> » - Suka mencari kawan.

SEPTEMBER
> » - Sangat sopan santun.
> » - Sangat cermat, teliti dan teratur.
> » - Suka menegur kesalahan orang lain dan mengkritik.
> » - Pendiam tapi pandai dalam bercakap-cakap.
> » - Sikap sangat cool, sangat baik dan mudah simpati.
> » - Kerja yang dilakukan sangat sempurna.
> » - Sangat sensitif tetapi tidak diketahui.
> » - Otak bijak dan mudah belajar.
> » - Kontrol diri untuk tidak terlalu mengkritik.
> » - Pandai mendorong diri sendiri.
> » - Suka akan hiburan dan melancong.
> » - Kurang menunjukan perasaannya.
> » - Luka hatinya sangat lama disimpan.
> » - Terlalu memilih pasangan.
> » - Sistematik.

OKTOBER
> » - Menyukai orang yang sayang padanya.
> » - Suka mengambil jalan tengah.
> » - Sangat menawan dan sopan santun.
> » - Kecantikan luar dan dalam.
> » - Tidak pandai berbohong dan berpura-pura.
> » - Mudah rasa simpati, baik, lebih mementingkan kawan.
> » - Senantiasa berkawan.
> » - Hatinya mudah terusik tetapi merajuknya tak lama.
> » - Tidak menolong orang kecuali diminta.
> » - Suka melihat dari perspektifnya sendiri.
> » - Tidak suka terima pandangan orang lain.
> » - Emosi yang mudah terusik.
> » - Daya firasat yang sangat kuat (terutama perempuan).
> » - Suka melancong, bidang sastra dan seni.
> » - Pengasih, penyayang dan lemah lembut.
> » - Romantik dalam percintaan.
> » - Mudah terusik hati dan cemburu.
> » - Suka kegiatan luar.
> » - Orang yang adil.
> » - Boros dan mudah dipengaruhi sekitarnya.

NOVEMBER
> » - Banyak ide.
> » - Sukar untuk dimengerti atau difahami sikapnya.
> » - Berpikiran unik dan bijak.
> » - Penuh dengan idea-idea baru yang luar biasa.
> » - Pemikiran yang tajam.
> » - Daya firasat yang sangat halus dan tinggi.
> » - Cermat dan teliti.
> » - Sifat yang berahasia, pandai mengorek dan mencari rahasia.
> » - Banyak berfikir, kurang bicara tetapi mesra.
> » - Berani, pemurah, setia, dan sabar.
> » - Apabila mau akan diusahakan sehingga berhasil.
> » - Tidak suka marah kecuali digugat.
> » - Cara berfikir yang lain dari orang lain.
> » - Otak yang sangat tajam.
> » - Pandai mendorong diri sendiri.
> » - Tidak menghargai pujian.
> » - Kasih sayang dan emosi yang sangat mendalam.
> » - Romantik.
> » - Tidak pasti dengan hubungan kasih sayang.
> » - Suka duduk atau diam di rumah.
> » - Sangat rajin dan berkemampuan tinggi.
> » - Amanah, jujur setia dan pandai berahasia.
> » - Perangai tidak dapat diramal dan mudah berubah-ubah.

DESEMBER
> » - Sangat setia dan pemurah.
> » - Bersifat patriotik.
> » - Sangat aktif dalam permainan dan pergaulan.
> » - Sikap kurang sabar dan tergesa-gesa.
> » - Bercita-cita tinggi.
> » - Suka menjadi orang yang berpengaruh dalam organisasi.
> » - Suka dipuji, diberi perhatian dan suka dibelai.
> » - Sangat jujur.
> » - Tidak pandai berpura-pura.
> » - Cepat marah.
> » - Perangai yang berubah-ubah.
> » - Tidak ego walaupun harga diri yang sangat tinggi.
> » - Benci apabila dikekang.
> » - Suka bergurau.
> » - Pandai membuat lelucon dan berpikir dengan logika.

Rabu, 13 Juni 2012

Kriteria Ketuntasan Minimal


No
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM (%)
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan (jangkrik, belalang, kumbang) dan lingkungan hidupnya
81,5
1.1.1
Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
3
3
2
88,9
1.1.2
Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
3
3
2
88,9
1.1.3
Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya
2
2
2
66,7
1.2
Mendeskripsikan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dan lingkungan hidupnya
85,2
1.2.1
Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu (kaktus, kantong semar, raflesia, teratai)
3
3
2
88,9
1.2.2
Menjelaskan fungsi dari ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu(kaktus, kantong semar, raflesia, teratai)
3
3
2
88,9
1.2.3
Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu (kaktus, kantung semar, raflesia, teratai) dengan lingkungan hidupnya
2
3
2
77,8
2.1
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
88,9
2.1.1
mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia pada masa balita
3
3
2
88,9
2.1.2
mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari masa kanak-kanak sampai lanjut usia
3
3
2
88,9
2.1.3
Mendeskripsikan perubahan fisik tubuh laki-laki pada masa pubertas
3
3
2
88,9
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
83,3
2.2.1
Mendeskripsikan perubahan fisik tubuh pada masa pubertas
3
3
2
88,9
2.2.2
Menjelaskan cara merawat organ reproduksi
3
2
2
77,8
2.3
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
75,9
2.3.1
Mengidentifikasi perkembangbiakan vegetatif
2
3
2
77,8
2.3.2
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan generatif
2
3
2
77,8
2.3.3
Menjelaskan pengertian penyerbukan dan pembuahan
2
3
2
77,8
2.3.4
Mengidentifikasi cara hewan berkembang biak
2
3
2
77,8
2.3.5
Mendeskripsikan cara hewan berkembang biak
2
3
2
77,8
2.3.6
Mengelompokkan hewan yang membuahi sel telurnya didalam tubuh dan diluar tubuhnya
2
2
2
66,7
2.4
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
77,8
2.4.1
Mengidentifikasikan alat reproduksi manusia
3
2
2
77,8
2.4.2
Mendeskripsikan cara perkembangbiakan manusia
3
2
2
77,8
3.1
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
81,5
3.1.1
Menjelaskan pengertian ekosistem
3
3
2
88,9
3.1.2
Menyebutkan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem
3
3
2
88,9
3.1.3
Menjelaskan akibat dari penggunaan bahan kimia secara berlebihan
2
2
2
66,7
3.2
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
81,5
3.2.1
Mengidentifikasi tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan (kayu jati, pinus, cendana)
2
2
2
66,7
3.2.2
Mendeskripsikan akibat eksploitasi tumbuhan yang berlebihan terhadap keseimbangan lingkungan
3
3
2
88,9
3.2.3
Menjelaskan cara melestarikan tumbuhan dari kepunahan
3
3
2
88,9
3.3
Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
77,8
3.3.1
Mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan (gading gajah, kulit ular, kulit buaya)
3
2
2
77,8
3.3.2
Mendeskripsikan akibat perbuatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
3
2
2
77,8
3.3.3
Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan
3
2
2
77,8
4.1
Menyebutkan contoh hewan langka yang mendekati kepunahan
77,8
4.1.1
Menyebutkan contoh tumbuhan langka yang mendekati kepunahan
3
3
2
88,9
4.1.2
Membedakan fungsi suaka alam maupun suaka marga satwa
2
2
2
66,7
4.2
Medeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat
66,7
4.2.1
Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan alam
2
2
2
66,7
4.2.2
Menyebutkan manfaat pelestarian hewan bagi riset ilmiah
2
2
2
66,7
4.2.3
Menjelaskan kaitan santra pelestarian makhluk hidup dengan lapangan kerja
2
2
2
66,7
5.1
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
66,7
5.1.1
Membedakan pengertian dan fungsi konduktor dan isolator panas
1
3
2
66,7
5.1.2
Menyimpulkan hasil percobaan tentang berbagai perpindahan panas
1
3
2
66,7
5.1.3
Membandingngkan cepat rambatnya hantaran panas pada bahan benda padat
1
3
2
66,7
5.1.4
Menyebutkan beberapa contoh peralatan yang menggunakan bahan kondutor dan isolator panas
1
3
2
66,7
5.1.5
Mengidentifikasi berbagai perubahan wujud benda karena pengaruh perubahan suhu
1
3
2
66,7
6.1
Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
88,9
6.1.1
Menyebutkan fakto-faktor penyebab terjadinya perubahan pada benda (perkarata, pembusukan, dll)
3
3
2
88,9
6.1.2
Memahami faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan
3
3
2
88,9
6.1.3
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab pembusukan pada benda
3
3
2
88,9
6.1.4
Memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan
3
3
2
88,9
6.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilahan benda/ bahan untuk tujuan tertentu ( karet, logam, kayu plastik) dalam kehidupan
77,8
6.2.1
Menentukan jenis bahan benda sesuai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3
3
2
88,9
6.2.2
Mengidentifikasi struktur dan sifat bahan
2
2
2
66,7
7.1
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gerak (model jungjat-jungkit, ketapel/ model traktor sederhana energi panas)
64,4
7.1.1
Mengidentifikasi jenis-jenis gaya
1
2
2
55,6
7.1.2
Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda
1
3
2
66,7
7.1.3
Menjelaskan hubungan antara beban, jarak, dan gerak pada jungkat-jungkit
1
3
2
66,7
7.1.4
Mendeskripsikan hubungan antara beban, lengan beban, kuasa, dan lengan kuasa
1
3
2
66,7
7.1.5
Merancang model jungkat-jungkit
1
3
2
66,7
7.1.6
Menetukan alat dan bahan yang sesuai
2
3
2
77,8
7.1.7
Membuat model untuk percobaan yang membuktikan gaya berpengaruh terhadap gerak
1
2
2
55,6
7.1.8
Merancang model traktor
1
3
2
66,7
7.1.9
Menentukan alat dan bahan yang sesuai
2
2
2
66,7
7.1.10
Membuat model untuk melakukan percobaan yang membuktikan gaya berpengaruh terhadap gerakan alat
1
2
2
55,6
7.2
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
66,7
7.2.1
Menjelaskan cara perpindahan energi listrik
1
3
2
66,7
7.2.2
Mendeskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain
1
3
2
66,7
7.2.3
Memahami perpindahan arus listrik dari kutub potensial tinggi ke kutub potensial rendah melalui pengamatan dan percobaan
1
3
2
66,7
7.2.4
Memahami rangkaian listrik sederhana dan seri melalui percobaan (secara berkelompok)
1
3
2
66,7
7.2.5
Memahami rangkaian listrik paralel dan campuran melalui percobaan (secara berkelompok)
1
3
2
66,7
7.2.6
Mengidentifikasi perubahan energi listrik pada alat-alat elektronik
1
3
2
66,7
7.2.7
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan energi listrik dengan menjawab soal-soal latihan (secara individual)
1
3
2
66,7
8.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya di dalam kehidupan sehari-hari
88,9
8.1.1
Menjelaskan guna energi listrik
3
3
2
88,9
8.1.2
Mendeskripsikan cara menghemat penggunaan energi listrik
3
3
2
88,9
8.2
Membuat suatu karya/ model yang menggunakan energi listrik (bel listrik, alarm, model lampu lalu-lintas, kapal terbang, mobil-mobilan, model penerangan rumah)
66,7
8.2.1
Membuat hasta karya sains berteknologi sederhana (bel listrik, alarm pencuri, traffic light)
2
2
2
66,7
9.1
Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
59,3
9.1.1
Menjelaskan peran matahari sebagai pusat tata surya
1
2
2
55,6
9.1.2
Mengidentifikasi kelompok benda langit sebagai anggota tata surya (palnet, satelit, asteroid, dan lain-lain)
1
2
2
55,6
9.1.3
Medeskripsikan sistem peredaran tata surya
1
3
2
66,7
9.2
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan
66,7
9.2.1
Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi
1
3
2
66,7
9.2.2
Menjelaskan akibat yang terjadi karena rotasi dan revolusi bumi
1
3
2
66,7
9.2.3
Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bulan
1
3
2
66,7
9.2.4
Menjelaskan akibat yang terjadi karena rotasi dan revolusi bulan
1
3
2
66,7
9.3
Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
64,4
9.3.1
Menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan
2
2
2
66,7
9.3.2
Menyebutkan posisi bulan, bulan, dan matahari ketika terjadi gerhana bulan
2
2
2
66,7
9.3.3
Menjelaskan proses terjadinya gerhana matahari
2
2
2
66,7
9.3.4
Menyebutkan posisi bulan, bulan, dan matahari ketika terjadi gerhana matahari
2
2
2
66,7
9.3.5
Mendeskripsikan dampak terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan
1
2
2
55,6
9.4
Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
88,9
9.4.1
Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi (Syamsiah)
3
3
2
88,9
9.4.2
Mengidentifikasi nama-nama bulan pada penanggalan Masehi
3
3
2
88,9
9.4.3
Menjelaskan dasar perhitungan kalender Hijriah (Komariah)
3
3
2
88,9
9.4.4
Megidentifikasi nama-nama bulan pada penanggalan Hijriah
3
3
2
88,9
9.4.5
Menjelaskan perhitungan tahu kabisat
3
3
2
88,9

Keterangan:
1.   SK 1            : Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
2.   SK 2            : Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
3.   SK 3            : Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
4.   SK 4            : Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
5.   SK 5            : Memahami saling hubungan antar suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda.
6.   SK 6            : Memahami faktor penyebab perubahan benda
7.   SK 7            : Mempraktekkan pola penggunaan dan perpindahan energi
8.   SK 8            : Memahami pentingnya penghematan energi
9.   SK 9            : Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dan tata surya
Rerata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Standar Kompetensi adalah 75,6 %
Rerata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kompetensi Dasar adalah 76,2 %
Rerata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Indikator adalah 74,5 %