Label

Rabu, 13 Juni 2012

PROMES IPA

PROGRAM SEMESTER 1


Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Satuan Pendidikan    : 
Kelas / Semester          : VI / 1 (satu)
Tahun Pelajaran           : 2010/ 2011

Kompetensi Dasar
Materi
Pokok
Alokasi
Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
Januari
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1.1    Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (jangkrik, belalang, kumbang) dan lingkungan hidupnya.
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan
6 jp x 35 menit

MOS
6

UH 1
LIBUR AWAL PUASA
P B H N

LIBUR HARI RAYA




U T S









CADANGAN
UJIAN SEMESTER 1
CLASS MEETING
DISTRIBUSI RAPOR
LIBUR SEMESTER 1
1.2    Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.
Hubungan anatara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya
6 jp x 35 menit

6














2.1    Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia
4 jp x 35 menit


4



UH 2










2.2    Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
Ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan pada masa pubertas
4 jp x 35 menit



4












2.3    Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
Jenis perkembangbiakan tumbuhan
6 jp x 35 menit



2
4











2.4    Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan manusia
Cara perkembangbiakan manusia
4 jp x 35 menit




2
2










3.1    Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
Hubungan kegiatan manusia dan ekosisitem
2 jp x 35 menit





2











3.2    Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
Pemanfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan
4 jp x 35 menit






4










3.3    Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
Pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
4 jp x 35 menit






2
2









4.1    Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
Jenis hewan yang mendekati kepunahan
4 jp x 35 menit








4

U H 4






4.2    Medeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat.
Hubungan antara pelestarian alam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial
4 jp x 35 menit








2
2






5.1    Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
1.  Konduktor dan isolator panas
2.  Penggunaan benda konduktor dan isolator
3.  Kondisi yang mempengaruhi perubahan pada benda
12 jp x 35 menit









2
6
4
U H 5




6.1    Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan pada benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan.
1.   Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan pada benda
2.   Faktor-faktor penyebab pembusukan pada benda
6 jp x 35 menit












6




6.2    Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilahan benda/ bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
Struktur dan sifat bahan/ benda dan pemanfaatannya
6 jp x 35 menit













6





PROGRAM SEMESTER 2

Mata Pelajaran            : IPA
Satuan Pendidikan      : 
Kelas / Semester          : VI/ 2 (dua)
Tahun Pelajaran           : 2010/ 2011

Kompetensi Dasar
Materi
Pokok
Alokasi
Waktu
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
7.1    Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak ( model jungkat-jungkit, ketapel/ model traktor sederhana energi panas)
1.   Gaya dan gerak
2.   Membuat model gaya dan gerak (jungkat-jungkit)
3.   Membuat model gaya dan gerak (prototipe gaya traktor sederhana)
6 jp x 35 menit
4
2

U H 1

U T S





PEKAN PENGAYAAN MATERI
UNTUK PERSIAPAN UAN
CADANGAN
U A S
U A N

7.2    Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
1.   Perpindahan dan perubahan energi listrik
2.   Arus listrik
3.   Rangkaian listrik (sederhana dan seri)
4.   Rangkaian listrik (paralel dan campuran)
5.   Perubahan energi listrik
12 jp x 35 menit

4
2






8.1    Megidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematan di dalam kehidupan sehari-hari
Penghematan energi
2 jp x 35 menit



2
U H 2





8.2    Membuat suatu karya/ model yang menggunakan energi listrik (bel listrik, alarm, lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan, model penerangan rumah)
Teknologi sederhana
2 jp x 35 menit



2





9.1    Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
Sistem tata surya
2 jp x 35 menit





2



U H 3
9.2    Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan
Gerakan bumi dan bulan
6 jp x 35 menit





4
2


9.3    Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
Peristiwa gerhana bulan dan matahari
6 jp x 35 menit






4
2

9.4    Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
Sistem penanggalan Masehi dan Hijriah
6 jp x 35 menit







4
2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar