PROGRAM SEMESTER 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Satuan Pendidikan :
|
Kelas / Semester : VI / 1 (satu)
Tahun Pelajaran : 2010/ 2011
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
Januari
| ||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
| |||
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (jangkrik, belalang, kumbang) dan lingkungan hidupnya.
|
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan
|
6 jp x 35 menit
|
MOS
|
6
|
UH 1
|
LIBUR AWAL PUASA
|
P B H N
|
LIBUR HARI RAYA
|
U T S
|
CADANGAN
|
UJIAN SEMESTER 1
|
CLASS MEETING
|
DISTRIBUSI RAPOR
|
LIBUR SEMESTER 1
| |||||||||||||||||||
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.
|
Hubungan anatara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya
|
6 jp x 35 menit
|
6
| ||||||||||||||||||||||||||||||
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia
|
4 jp x 35 menit
|
4
|
UH 2
| |||||||||||||||||||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
|
Ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan pada masa pubertas
|
4 jp x 35 menit
|
4
| ||||||||||||||||||||||||||||||
2.3 Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
|
Jenis perkembangbiakan tumbuhan
|
6 jp x 35 menit
|
2
|
4
| |||||||||||||||||||||||||||||
2.4 Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan manusia
|
Cara perkembangbiakan manusia
|
4 jp x 35 menit
|
2
|
2
| |||||||||||||||||||||||||||||
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
|
Hubungan kegiatan manusia dan ekosisitem
|
2 jp x 35 menit
|
2
| ||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
Pemanfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan
|
4 jp x 35 menit
|
4
| ||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
Pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
|
4 jp x 35 menit
|
2
|
2
| |||||||||||||||||||||||||||||
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
|
Jenis hewan yang mendekati kepunahan
|
4 jp x 35 menit
|
4
|
U H 4
| |||||||||||||||||||||||||||||
4.2 Medeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat.
|
Hubungan antara pelestarian alam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial
|
4 jp x 35 menit
|
2
|
2
| |||||||||||||||||||||||||||||
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
|
1. Konduktor dan isolator panas
2. Penggunaan benda konduktor dan isolator
3. Kondisi yang mempengaruhi perubahan pada benda
|
12 jp x 35 menit
|
2
|
6
|
4
|
U H 5
| |||||||||||||||||||||||||||
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan pada benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan.
|
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan pada benda
2. Faktor-faktor penyebab pembusukan pada benda
|
6 jp x 35 menit
|
6
| ||||||||||||||||||||||||||||||
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilahan benda/ bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
Struktur dan sifat bahan/ benda dan pemanfaatannya
|
6 jp x 35 menit
|
6
| ||||||||||||||||||||||||||||||
PROGRAM SEMESTER 2
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan :
|
Kelas / Semester : VI/ 2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2010/ 2011
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
| |||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak ( model jungkat-jungkit, ketapel/ model traktor sederhana energi panas)
|
1. Gaya dan gerak
2. Membuat model gaya dan gerak (jungkat-jungkit)
3. Membuat model gaya dan gerak (prototipe gaya traktor sederhana)
|
6 jp x 35 menit
|
4
|
2
|
U H 1
|
U T S
|
PEKAN PENGAYAAN MATERI
UNTUK PERSIAPAN UAN
|
CADANGAN
|
U A S
|
U A N
| ||||||||||||||
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
|
1. Perpindahan dan perubahan energi listrik
2. Arus listrik
3. Rangkaian listrik (sederhana dan seri)
4. Rangkaian listrik (paralel dan campuran)
5. Perubahan energi listrik
|
12 jp x 35 menit
|
4
|
2
| ||||||||||||||||||||
8.1 Megidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematan di dalam kehidupan sehari-hari
|
Penghematan energi
|
2 jp x 35 menit
|
2
|
U H 2
| ||||||||||||||||||||
8.2 Membuat suatu karya/ model yang menggunakan energi listrik (bel listrik, alarm, lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan, model penerangan rumah)
|
Teknologi sederhana
|
2 jp x 35 menit
|
2
| |||||||||||||||||||||
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
|
Sistem tata surya
|
2 jp x 35 menit
|
2
|
U H 3
| ||||||||||||||||||||
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan revolusi bulan
|
Gerakan bumi dan bulan
|
6 jp x 35 menit
|
4
|
2
| ||||||||||||||||||||
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
|
Peristiwa gerhana bulan dan matahari
|
6 jp x 35 menit
|
4
|
2
| ||||||||||||||||||||
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
|
Sistem penanggalan Masehi dan Hijriah
|
6 jp x 35 menit
|
4
|
2
| ||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar