Label

Rabu, 13 Juni 2012

Manajemen Hubungan Masyarakat Sekolah

1.      Manajemen Hubungan Masyarakat
Keterlibatan masyarakat dalam bidang pendidikan merupakan upaya pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan bidang pendidikan, yang berarti mengikutsertakan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan. Menurut Maisyaroh (2003:122) tujuan manajemen keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan bertujuan agar pembaca dapat memahami pemberdayaan masyarakat dan swasta dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga permasalahan di lapangan dapat diatasi, proses pendidikan dapat dilaksanakan dengan lancar, dan akhirnya kualitas pendidikan dapat meningkat
Prinsip-prinsip peningkatan keterlibatan masyarakat menurut Maisyaroh (2004:4) sebagai berikut:
a.       Fleksibilitas
Lembaga pendidikan hendaknya mempunyai program yang cukup lentur dan beradaptasi secara terus-menerus dengan perubahan-perubahan layanan lembaga lain di masyarakat.
b.      Relevansi
Peran dan fungsi lembaga pendidikan hendaknya ditentukan sesuai dengan kondisi masyarakat yang menjadi latar belakang peserta didik.
c.       Partisipasi
Lembaga pendidikan bersama masyarakat hendaknya mengembangkan program kegiatan dan layanan guna memperluas, memperbaruhi, memadukan pengalaman berbagai kelompok umur pada semua tingkatan.
d.      Komprehensif
Lembaga pendidikan harus selalu menghubungkan dirinya dengan masyarakat yang lebih luas, interen bangsa maupun secara internasional.
e.       Melembaga
Layanan efektif dalam masyarakat pada setiap warga hanya dapat dicapai melalui organisasi, terutama organisasi pendidikan yang dikelola secara baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar