Label

Kamis, 28 Juni 2012

Manajemen Perpustakaan

1.      Manajemen Perpustakaan
Bafadal (2006:3) mendefinisikan perpustakaan sekolah adalah kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan buku (non book material) yang diorganisasisecara sistematis dalam suatu ruang sehingga dapat membantu murid-murid dan guru-guru dalam proses belaja mengajar di sekolah.
Tujuan perpustakaan menurut Bafadal (2006:2) adalah perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap membaca, dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid, dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri, dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca, dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa, dapat melatih murid-murid ke arah tanggung jawab, dapat memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah, dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran, dapat membantu murid-murid, guru-guru, dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar penyelenggaraan perpustakaan sekolah dapat menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar, maka perlu adanya penataan kerja atau pengelolaan perpustakaan.
Menurut Bafadal (2006:9) pengelolaan perpustakaan berarti segenap usaha pengkoordinasian segala kegaitan yang berhubungan dengan penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Untuk membantu penyelenggaraan perpustakaan yang efektif maka perlu diadakan administrasi perpustakaan, yaitu:
            a. Pengelola
            b. Ruang Perpustakaan
            c. Program Kerja
            d. Perlengkapan, seperti: kartu anggota perpustakaan, kartu peminjam,   
     kartu katalog, katalog buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar