Label

Rabu, 13 Juni 2012

Pengertian Perencanaan Pendidikan

Pengertian Perencanaan Pendidikan
                              Majid (2005) mendefinisikan perencanaan adalah
                                        Menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Perencanaan tersebut dapat disusun berdasarkan kebutuhan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keinginan pembuat perencanaan. Namun yang lebih utama adalah perencanaan yang dibuat harus dapat dilaksanakan dengan mudah dan tepat sasaran.

Para ahli perencanaan pendidikan telah banyak medefinisikan  perencanaan pendidikan antara lain Vembriarto (1988:39) mengemukakan bahwa
   Perencanaan pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya adalah penggunaan analisa yang bersifat rasional dan sistematik terhadap proses pengembangan pendidikan yang bertujuan untuk menjadikan pendidikan yang bertujuan untuk menjadikan pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien dalam menanggapi kebutuhan dan tujuan murid- murid dan masyarakat

Selanjutnya Yusuf Enoch (1992:4) mengemukakan bahwa:
   Perencanaan pendidikan merupakan suatu proses penyususnan alternatif kebijaksanaan mengatasi masalah yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan pendidikan nasional dengan mempertimbangkan kenyataan yan ada di bidang sosial, ekonomi, sosial budaya dan kebutuhan pembangunan menyeluruh terhadap pendidikan nasional.

Adapun pengertian perencanaan pendidikan menurut Y. Dror (dalam Syaefudin dan Abin, 2005) adalah “As the process of preparing a set of decisions for action in the future for the overall economic and social development of a country”. (Prencanaan pendidikan adalah sebagai suatu proses mempersiapkan seperangkat keputusan untuk kegiatan-kegiatan di masa depan yang diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan dengan cara-cara optimal untuk pembangunan ekonomi dan sosial secara menyeluruh dari seluruh negara). Kemudian menurut Coombs, 1982 (dalam Syaefudin dan Abin, 2005) perencanaan pendidikan adalah suatu penerapan yang rasional dari analisis sistematis proses perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta didik dan masyarakatnya.
Dari kutipan di atas dapat disimpulkan bahwa perencanaan pendidikan adalah sebagai keseluruhan proses dalam mempersiapkan seperangkat keputusan bagi kegiatan-kegiatan pada masa depan yang diarahkan pada persiapan tujuan pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar