Label

Rabu, 13 Juni 2012

Ciri-Ciri Perencanaan Pendidikan

Ciri-ciri Perencanaan Pendidikan
Seperti pada perencanaan umum, perencanaan pendidikan mempunyai ciri tersendiri. Ciri-ciri perencanaan pendidikan menunjukkan suatu ciri yang khas yang tidak dimiliki oleh perencanaan yang lain. Gaffar (1987:15) mengemukakan  bahwa ciri-ciri perencanaan pendidikan sebagai berikut:
1.      Perencanaaan pendidikan harus mengutamakan nilai-nilai manusiawi karena pendidikan itu membangun manusia yang harus mampu mengembangkan dirinya dan masyarakat;
2.      Perencanaan pendidikan harus memberikan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi anak didik seoptimal mungkin;
3.      Perencanaan pendidikan harus memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anak didik;
4.      Perencanaan pendidikan harus komprehensif dan sistematis dalam arti tidak pratikal atau segmentaris tapi menyeluruh dan rasional serta mencakup barbagai jenis dan jenjang pendidikan;
5.      Perencanaan pendidikan harus berorientasi pada pembangunan dalam arti bahwa program pendidikan haruslah ditujukan untuk membantu mempersiapkan man power yang dibutuhkan oleh berbagai faktor pembangunan;
6.      Perencanaan pendidikan harus dikembangkan dengan memperhatikan keterkaitannya dengan berbagai komponen pendidikan secara sistematis;
7.      Perencanaan pendidikan harus menggunakan resource secara cermat;
8.      Perencanaan pendidikan harus berorientasi kepada masa depan;
9.      Perencanaan pendidikan harus kenyal dan responsif terhadap kebutuhan yang berkembang di masyarakat yang dinamis;
10.  Perencanaan pendidikan haruslah merupakan sarana untuk mengembangkan inovasi pendidikan sehingga pembaharuan terus menerus berlangsung.

Dari kutipan di atas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri perencanaan pendidikan adalah sebagai berikut: (a) Perencanaan pendidikan harus fleksibel karena perencanaan pendidikan dapat disesuaikan dengan situasi dan tingkat perkembangan pendidikan;
(b) perencanaan pendidikan harus memperhatikan kebutuhan murid;
 (c) perencanaan pendidikan harus bersifat menyeluruh dalam proses pengelolaan  pendidikan;(d) perencanaan pendidikan harus memandang ke masa depan dengan berpedoman pada masa yang lalu; (e) perencanaan pendidikan harus memperhatikan komponen yang ada dalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar