KKG adalah wadah
kerjasama guru-guru dan sebagai tempat mendiskusikan masalah yang berkaitan
dengan kemampuan profesional, yaitu dalam hal merencanakan, melaksanakan, dan
menilai kemajuan murid. Di KKG guru-guru dapat mendiskusikan pengalaman dan
ide-ide yang bersumber dari guru-guru sendiri. Semua masalah yang menyangkut
upaya perbaikan pengajaran dapat di bahas dan dipecahkan di forum KKG.
Kegiatan-kegitan untuk dibahas pada forum KKG antara lain: penyusunan program
semester dan persiapan harian, perencanaan KBM yang menantang membuat dan
menggunakan alat bantu pelajaran, pemanfaatan sumber-sumber belajar, penilaian
hasil kemajuan anak, pengelolaan kelas, penataan pajangan kelas, penggunaan
lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan kegiatan lain yang berkaitan
dengan kegiatan pembelajaran.
KKG yang dikelola dengan baik telah
memberikan banyak manfaat bagi guru-guru, antara lain dapat melakukan tukar-menukar
pengalaman dan pikiran dengan rekan sejawat dalam memecahkan masalah pengajaran
yang dihadapi sehari-hari, dapat memupuk kesadaran akan perlunya meningkatkan
mutu kemampuan sebagai guru, dapat saling membelajarkan diantara sesama rekan
sejawat, dan dapat memupuk rasa kekeluargaan diantara rekan sejawat. Melalui
proses tersebut mungkin tumbuh inisiatif dan kreatifitas pada guru-guru untuk
melakukan perubahan dalam mengelola kegiatan pembelajaran.
Untuk meningkatkan bobot KKG para
Pembina hendaknya memperhatikan hal-hal berikut:
1. Kegiatan yang dilakukan dan masalah
yang dibahas selain di KKG hendaknya bersumber dari kebutuhan guru, terutama
dalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar
2.Untuk mengurangi kejenuhan perlu
dikembangkan keragaman kegiatan, misalnya dengan melakukan observasi, simulasi,
demonstrasi, lokakarya dan sebagainya.
3.Dorongan dari kepala sekolah kepada
guru-guru untuk berperan aktif dalam kegiatan KKG sangat diperlukan
4. Pemandu bidang studi yang terampil
menguasai materi dan teknik penyajian serta mampu menumbuhkan minat untuk
meningkatkan keterlibatan peserta perlu dipersiapkan
5.Pengurus KKG hendaknya lebih
berperan sebagi motor penggerak bagi anggotanya untuk aktif menyajikan kegiatan
yang menantang sehingga di KKG itu betul-betul dalam upaya peningkatan
kemampuan profesional guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar