Label

Selasa, 24 Januari 2012

KELOMPOK KERJA GURU ( KKG )


KKG adalah wadah kerjasama guru-guru dan sebagai tempat mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan profesional, yaitu dalam hal merencanakan, melaksanakan, dan menilai kemajuan murid. Di KKG guru-guru dapat mendiskusikan pengalaman dan ide-ide yang bersumber dari guru-guru sendiri. Semua masalah yang menyangkut upaya perbaikan pengajaran dapat di bahas dan dipecahkan di forum KKG. Kegiatan-kegitan untuk dibahas pada forum KKG antara lain: penyusunan program semester dan persiapan harian, perencanaan KBM yang menantang membuat dan menggunakan alat bantu pelajaran, pemanfaatan sumber-sumber belajar, penilaian hasil kemajuan anak, pengelolaan kelas, penataan pajangan kelas, penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan kegiatan lain yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran.
            KKG yang dikelola dengan baik telah memberikan banyak manfaat bagi guru-guru, antara lain dapat melakukan tukar-menukar pengalaman dan pikiran dengan rekan sejawat dalam memecahkan masalah pengajaran yang dihadapi sehari-hari, dapat memupuk kesadaran akan perlunya meningkatkan mutu kemampuan sebagai guru, dapat saling membelajarkan diantara sesama rekan sejawat, dan dapat memupuk rasa kekeluargaan diantara rekan sejawat. Melalui proses tersebut mungkin tumbuh inisiatif dan kreatifitas pada guru-guru untuk melakukan perubahan dalam mengelola kegiatan pembelajaran.
            Untuk meningkatkan bobot KKG para Pembina hendaknya memperhatikan hal-hal berikut:
1. Kegiatan yang dilakukan dan masalah yang dibahas selain di KKG hendaknya bersumber dari kebutuhan guru, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar
2.Untuk mengurangi kejenuhan perlu dikembangkan keragaman kegiatan, misalnya dengan melakukan observasi, simulasi, demonstrasi, lokakarya dan sebagainya.
3.Dorongan dari kepala sekolah kepada guru-guru untuk berperan aktif dalam kegiatan KKG sangat diperlukan
4. Pemandu bidang studi yang terampil menguasai materi dan teknik penyajian serta mampu menumbuhkan minat untuk meningkatkan keterlibatan peserta perlu dipersiapkan
5.Pengurus KKG hendaknya lebih berperan sebagi motor penggerak bagi anggotanya untuk aktif menyajikan kegiatan yang menantang sehingga di KKG itu betul-betul dalam upaya peningkatan kemampuan profesional guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar