Label

Selasa, 24 Januari 2012

KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH ( KKKS )


KKKS adalah wadah kerjasama para kepala sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan Pembina di sekolah selama pemberian bantuan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran. Dalam wadah tersebut kepala sekolah saling bertukar permasalahan yang ditemui dan mencari kemungkinan pemecahannya melalui urun gagasan dan pengalaman sesama kepala sekolah. Masalah utama yang dibicarakan sebaiknya lebih ditekankan pada upaya-upaya peningkatan kemampuan guru mengelola KBM meskipun tetap tidak melupakan masalah-masalah yang berkaitan dengan tertib administrasi.
            KKKS hendaknya terus dikembangkan sebagai wadah kerjasama diantara kepala sekolah untuk mempertemukan dan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan peranannya sebagi pemimpin dan pengelola kegiatan pengajaran di sekolah masing-masing. Hasil pemecahan masalah agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas peranannya sebagai Pembina guru.
            Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam kegiatan KKKS antara lain:
1. Permasalahan yang dibicarakan di KKKS harus berpijak pada kebutuhan guru dan bertujuan untuk membantu meningkatkan kemajuan professional guru.
2.Kepala sekolah sebaiknya terlibat langsung dalam kegiatan KKG agar kepala sekolah mengetahui kebutuhan guru. Para kepala sekolah sebaiknya memantau sampai sejauh mana para guru betul-betul melaksanaakn apa yang diperoleh di KKG. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar