Label

Selasa, 24 Januari 2012

KODE ETIK KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH


KODE ETIK KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH

A.      Kompetensi Kepribadian
1)                             Memiliki integritas kepribadian yang kuat sebagai pemimpin:
·        Selalu konsisten dalam berfikir, bersikap, berucap, dan berbuat dalam setiap melaksanakan suatu tugas pokok dan fungsi
·        Memiliki komitmen/loyalitas/dedikasi/etos kerja yang tinggi dalam setiap melaksanakan suatu tugas pokok dan fungsi
·        Tegas dalam mengambil sikap dan tindakan sehubungan dengan pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi
·        Disiplin dalam melaksanakan suatu tugas pokok dan fungsi
2)       Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah:
·        Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap kebijakan, teori, praktik baru sehubungan dengan pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsinya
·        Mampu secara mandiri mengembangkan diri sebagai upaya pemenuhan rasa keingintahuannya terhadap kebijakan, teori, praktik baru sehubungan dengan pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi
3)       Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi:
·        Kecenderungan untuk selalu menginformasikan secara transparan dan proporsional kepada orang lain atas segala rencana, proses pelaksanaan, dan keefektifan, kelebihan dan kekurangan pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi
·        Terbuka atas saran dan kritik yang disampaikan oleh atasan, teman sejawat, bawahan, dan pihak lain atas pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi 
4)       Mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah:
·        Memiliki stabilitas emosi dalam setiap menghadapi masalah sehubungan dengan suatu tugas pokok dan fungsi
·        Teliti, cermat, hati-hati, dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan suatu tugas pokok dan fungsi
·        Tidak mudah putus asa dalam menghadapi segala bentuk kegagalan sehubungan dengan pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi
5)       Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan:
·        Memiliki minat jabatan untuk menjadi kepala sekolah yang efektif
·        Memiliki jiwa kepemimpinan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah
B.      Kompetensi Manajerial
1)       Mampu menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan:
·        Menguasai teori perencanaan dan seluruh kebijakan pendidikan nasional sebagai landasan dalam perencanaan sekolah, baik perencanaan strategis, perencanaan operasional, perencanaan tahunan, maupun rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah,
·        Mampu menyusun rencana strategis (renstra) pengembangan sekolah berlandaskan kepada keseluruhan kebijakan pemdidikan nasional, melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunan perencanaan strategis yang memegang teguh prinsip-prinsip penyusunan rencana strategis yang baik.
·        Mampu menyusun rencana operasional (Renop) pengembangan sekolah berlandaskan kepada keseluruhan rencana strategis yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunan perencanaan renop yang memegang teguh prinsip-prinsip penyusunan rencana operasional yang baik.
·        Mampu menyusun rencana tahunan pengembangan sekolah berlandaskan kepada keseluruhan rencana operasional yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunan perencanaan renop yang memegang teguh prinsip-prinsip penyususnan rencana tahunan yang baik.
·        Mampu menyususn rencana anggaran belanja sekolah (RAPBS) berlandaskan kepada keseluruhan rencana tahunan yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunan RAPBS yang memegang teguh prinsip-prinsip penyusunan RAPBS yang baik.
·        Mampu menyusunperencanaan program kegiatan berlandaskan kepada keseluruhan rencanan tahunan dan RAPBS yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunanperencanaan program kegiatan yang memegang teguh prinsip-prinsip penyususnan perencanaan program yang baik.
·        Mampu menyusun proposal kegiatan melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunan perencanaan program kegiatan yang memegang teguh prinsip-prinsip penyusunan proposal yang baik.     
2)       Mampu mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan:
·        Menguasai teori dan seluruh kebijakan pendidikan nasional dalam pengorganisasian kelembagaan sekolah sebagai landasan dalam mengorganisasikan kelembagaan maupun program insidental sekolah.
·        Mampu mengembangkan struktur organisasiformal kelembagaan sekolah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan melalui pendekatan, strategi, dan proses pengorganisasian yang baik.
·        Mampu mengembangkan deskripsi tugas pokok dan fungsi setiap unit kerja melalui pendekatan, strategi, dan prosespengorganisasian yang baik
·        Menempatkan persionalia yang sesuai dengan kebutuhan
·        Mampu mengembangkan standar operasional prosedur pelaksanaan tugas pokok dan fungsi setiap unit kerja melalui pendekatan, strategi, dan proses pengorganisasian yang baik.
·        Mampu melakukan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan prinsip-prinsiptepat kualifikasi, tepat jumlah, dan tepat persebaran.
·        Mampu mengembangkan aneka ragam organisasi informal sekolah yang efektif dalam mendukung implementasi pengorganisasian formal sekolah dan sekaligus pemenuhan kebutuhan, minata, dan bakat perseorangan pendidikan dan tenaga kependidikan   
3)       Mampu memimpin guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal:
·        Mampu mengkomunikasikan visi, misi, tujuan, sasaran, dan program strategis sekolah kepada kesuluruhan guru dan staf.
·        Mampu mengkoordinasikan guru dan staf dalam merelalisasikan keseluruhan rencana untuk menggapai visi, mengemban misi, menggapai tujuan dan saaran sekolah
·        Mampu berkomunikasi, memberikan pengarahan penugasan, dan memotivasi guru dan staf agar melaksanakan tugas pokok dan fungsinyamasing-masing sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan
·        Mampu membangun kerjasama tim (team work) antar-guru, antar-staf, dan antara guru dengan staf dalam memajukan sekolah
·        Mampu melengkapi guru dan staf dengan ketrampilan-ketrampilan profesional agar mereka mampu melihat sendiri apa yang perlu dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing
·        Mampu melengkapi staf dengan keterampilan-keterampilan agar mereka mampu melihat sendiri apa yang perlu dan diperbaruhiuntuk kemajuan sekolahnya
·        Mampu memimpin rapat dengan guru-guru, staf, orangtua siswa dan komite sekolahmampu melakukan pengambilan keputusan dengan menggunakan strategi yang tepat
·        Mampu menerapkan manajemen konflik   
4)       Mampu mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal:
·        Mampu merencanakan kebutuhan guru dan staf berdasarkan rencana pengembangan sekolah
·        Mampu melaksanakan rekrutmen dan seleksi guru dan staf sesuai tingkat kewengan yang dimiliki oleh sekolah
·        Mampu mengelolam kegiatan pembinaan dan pengembangan profesional guru dan staf
·        Mampu melaksanakan mutasi dan promosi guru dan staf sesuai kewenangan yang dimiliki sekolah
·        Mampu mengelola pemberian kesejahteraan kepada guru dan staf sesuai kewenangan dan kemamapuan sekolah 
5)       Mampu mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal:
·        Mampu merencanakan kebutuhan fasilitas (bangunan, peralatan, perabot, lahan, infrastruktur) sekolah sesuai dengan rencanan pengembangan sekolah
·        Mampu mengelola pengadaan fasilitas sesuai dengan peraturan yang berlaku
·        Mampu mengelola pemeliharaan fasilitas baik perawatan preventif  maupun perawatan terhadap kerusakan fasilitas sekolah
·        Mampu mengelola kegiatan inventaris sarana dan prasarana sekolah sesuai sistem pembukuan yang berlaku
·        Mampu mengelola kegiatn penghapusan barang inventaris sekolah 
6)       Mampu mengelola hubungan sekolah-masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah:
·        Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
·        Mampu melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembag pemerintah, swasta dan masyarakat
·        Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
7)       Mampu mengelola kesiswaan, terutamadalam rangka penerimaam siswa baru, penempatan siswa, dan pengembangan kapasitas siswa:
·        Mampu mengelola penerimaan siswa baru terutama dalam hal perencanaan dan pelaksanaan penerimaan siswa baru sesuai dengan kebutuhan sekolah
·        Mampu mengelola penempatan dan pengelompokan siswa dalam kelads sesuai dengan maksud dan tujuan pengelompokan tersebut
·        Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam membantu penguatan kapasitas belajar siswa
·        Mampu menyiapkan layanan yang dapat mengembangkan potensi siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, bakat, kreativitas dan kemampuan
·        Mampu menetapkan dan melaksanakan tata tertib sekolah dalam memelihara kedisiplinan siswa
·        Mampu mengembangkan sistem monitoring terhadap kemajuan belajar siswa
·        Mampu mengembangkan sistem penghargaan dan pelaksanaannya kepada siswa yang berprestasi
8)       Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional:
·        Menguaai seluk beluk tujuan nasional, tujuan pembangunan nasional, dan tujuan pendidikan nasional, regional, dan lokal secara tepat dan komprehensif sehingga memiliki sikap positif akan pentingnya tujuan-tujuan tersebut sebagai arah penyelenggaraan pendidikan dan terampil menjabarkannya menjadi kompetensi lulusan dan kompetensi dasar.
·        Memiliki wawasan yang tepat dan komprehensif tentang kedirian peserta didik sebagai manusia yang berkarakter, berharkat, dan bermartabat, dan mampu mengembangkan layanan pendidikan sesuai dengan karakter, harkat, dan martabat manusia.
·        Memiliki pemahaman yang komprehensif dan tepat, dan sikap yang benar tentang esensi dan tugas profesional gurusebagai pendidik
·        Menguasai seluk beluk kurikulum dan proses pengembangan kurikulum nasional sehingga memiliki sikap positif terhadap keberadaan kurikulum nasional yang selalu mengalami pembaharuan, serta terampil dalam menjabarkannya menjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan
·        Mampu mengembangkan rencana dan program pembelajaran sesuai dengan kompetensi lulusan yang diharapkan
·        Menguasai metode pembelajaran efektif yang dapat mengembangkan kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional sesuai dengan materi pembelajaran
·        Mampu mengelola kegiatan pengembangan sumber dan alat pembelajaran di sekolah dalam mendukung pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
·        Menguasai teknik-teknik penilaian hasil belajar dan menerapkannya dalam pembelajaran
·        Mampu menyusun program pendidikan per tahun dan per semester
·        Mampu mengelola penyusunan jadwal pelajaran per semester
·        Mampu melaksanakan monitoring dan evaluasi program pembelajaran dan melaporkan hasil-hasilnya kepada stakeholders sekolah         
9)       Mampu mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien:
·        Mampu merencanakan kebutuhan keuangan sekolah sesuai dengan rencana pengembangan sekolah, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang
·        Mampu mengupayakan sumber-sumber keuangan terutama yang bersumber dari luar sekolah dan dari unit usaha sekolah
·        Mampu mengkoordinasikan pembelanjaan keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi
·        Mampu mengkoordinasikan kegiatan pelaporankeuangan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku  
10)   Mampu mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung kegiatan-kegiatan sekolah:
·        Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku
·        Mampu mengelola administrasi sekolah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan, dan hubungan sekolah-masyarakatmampu mengelola administrasi kearsipan sekolah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya
·        Mampu mengelola administrasi akreditasi sekolah sesuai dengan preisip-prinsip tersedianya dokumen dan bukti-bukti fisik
11)   Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan kesiswaan di sekolah:
·        Mampu mengelola laboratorium sekolah agar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kepentingan pembelajaran siswa
·        Mampu mengelola bengkel kerja agar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kepentingan pembelajaran keterampilan siswa
·        Mampu mengelola usaha kesehatan sekolah dan layanan sejenis untuk membantu siswa dalam pelayanan kesehatan sekolah dan layanan sejenis unutk membantu siswa dalam pelayanan kesehatan yang diperlukan
·        Mampu mengelola kantin sekolah berdasarkan prinsip kesehatan, gizi, dan keterjangkauan
·        Mampu mengelola perpustakaan sekolah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh siswa
12)   Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah:
·          Mampu bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berpikir dan cara bertindak
·          Mampu memberdayakan potensi sekolah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan sekolah
·          Mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga sekolah
13)   Mampu menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif bagi pembelajaran siswa:
·          Mampu menata lingkungan fisik sekolah sehingga menciptakan suasana nyaman, bersih dan indah
·          Mampu membentuk suasana dan iklim kerja yang sehat melalui penciptaan hubungan kerja yang harmonis di kalangan warga sekolah
·          Mampu menumbuhkan budaya kerja yang efisien, kreatif, inovatif, dan berorientasi pelayanan prima
14)   Mampu mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan:
·          Mampu mengembangkan prosedur dan mekanisme layanan sistem informasi
·          Mampu menyusun format data base sekolah sesuai kebutuhan
·          Mampu mengkoordinasikan penyusunan data base sekolah baik sesuai kebutuhan pendataan sekolah
·          Mampu menerjemahkan data base untuk merencanakan program pengembangan sekolah
15)   Terampil dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatkan pembelajaran dan manajemen sekolah:
·          Mampu memanfatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen sekolah
·          Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat pembelajaran
16)   Terampil mengelola kegiatan produksi/jasa dalam mendukung sumber pembiayaaan sekolah dan sebagai sumber belajar siswa:
·          Mampu merencanakan kegiatan produksi/jasa sesuai dengan potensi sekolah
·          Mampu membina kegiatan produksi/jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel
·          Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporan
·          Mampu mengembangkan kegiatn produksi/jasadan pemasarannya
17)   Mampu melaksana-kan pengawasan terhadap pelaksana-an kegiatan sekolah sesuai standar pengawasan yang berlaku:
·          Memahami peraturan-peraturan pemerintah yang berkaitan dengan standar pengawasan sekolah
·          Melakukan pengawasan preventif dan korektif terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah
C.      Kompetensi Supervisi
1)       Mampu melakukan supervisi sesuai prosedur dan teknik-teknik yang tepat:
·          Mampu merencanakan supervisi sesuai dengan kebutuhan guru
·          Mampu melaksanakan supervisi bagi guru dengan menggunakan teknik-teknik supervisi yang tepat
·          Mampu menindaklanjuti hasil supervisi kepada guru melalui antara lain pengembangan profesional guru, penelitian tindakan kelas, dsb.
2)       Mampu melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan program pendidikan sesuai dengan prosedur yang tepat:
·          Mampu menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai
·          Mampu melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai
·          Mampu menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi 

D.      Kompetensi Sosial
1)       Terampil bekerja sama dengan orang lain berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi sekolah:
·            Mampu bekerja sama dengan atasan bagi pengembangan dan kemajuan sekolah
·            Mampu bekerja sama dengan guru, staf/karyawan, komite sekolah, dan  orang tua siswa bagi pengembangan dan kemajuan sekolah
·            Mampu bekerja sama dengan sekolah lain dan instansi pemerintah terkait dalam rangka pengembangan sekolah
·            Mampu bekerja sama dengan dewan pendidikan kota/kabupaten dan stakeholders sekolah lainnya bagi pengembangan sekolah
2)       Mampu berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan:
·          Mampu berperan aktif dalam kegiatan informal di luar sekolah
·          Mampu berperan aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan
·          Mampu berperan aktif dalam kegiatan keagamaan, kesenian, olahraga             atau kegiatan masyarakat lainnya
·          Mampu melibatkan diri dalam pelaksanaan program pemerintah
3)       Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain:   
·            Mampu menggali persoalan dari lingkungan sekolah (berperan sebagai problem finder)
·            Mampu dan kreatif menawarkan solusi (sebagi problem solver)
·            Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan
·            Mampu bersikap objektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal sekolah
·            Mampu bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain
·            Mampu bersikap empatik/sambung rasa terhadap orang lain.

3 komentar:

  1. Cleaning forged iron pan could become one among the toughest housekeeping to try to to within the room for a few individuals. the dearth of data regarding a way to clean it well becomes the most reason for the issue. forged iron pan may be a no-soaper one that may finish you to a disappointment condition if you ever bit the pan along with your spumous sponge.

    Because a forged iron may be a special cooking utensil that wants special care, you must grasp well regarding the cooking utensil cleansing. In fact, forged iron cleansing isn't that too onerous task and also the rules of the cleansing method shouldn’t be terribly strict.

    http://www.cleaningcastironskillet.net/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cleaning forged iron pan could become one among the toughest housekeeping to try to to within the room for a few individuals. the dearth of data regarding a way to clean it well becomes the most reason for the issue. forged iron pan may be a no-soaper one that may finish you to a disappointment condition if you ever bit the pan along with your spumous sponge.

      Because a forged iron may be a special cooking utensil that wants special care, you must grasp well regarding the cooking utensil cleansing. In fact, forged iron cleansing isn't that too onerous task and also the rules of the cleansing method shouldn’t be terribly strict.

      http://www.cleaningcastironskillet.net/

      Hapus
  2. Apa 2 sekolah bisa d kepalai oleh seorang kepala sekolah

    BalasHapus