KODE ETIK KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
A.
Kompetensi Kepribadian
1)
Memiliki
integritas kepribadian yang kuat sebagai pemimpin:
·
Selalu
konsisten dalam berfikir, bersikap, berucap, dan berbuat dalam setiap
melaksanakan suatu tugas pokok dan fungsi
·
Memiliki
komitmen/loyalitas/dedikasi/etos kerja yang tinggi dalam setiap melaksanakan
suatu tugas pokok dan fungsi
·
Tegas
dalam mengambil sikap dan tindakan sehubungan dengan pelaksanaan suatu tugas
pokok dan fungsi
·
Disiplin
dalam melaksanakan suatu tugas pokok dan fungsi
2) Memiliki keinginan yang kuat dalam
pengembangan diri sebagai kepala sekolah:
·
Memiliki
rasa keingintahuan yang tinggi terhadap kebijakan, teori, praktik baru
sehubungan dengan pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsinya
·
Mampu
secara mandiri mengembangkan diri sebagai upaya pemenuhan rasa keingintahuannya
terhadap kebijakan, teori, praktik baru sehubungan dengan pelaksanaan suatu
tugas pokok dan fungsi
3) Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsi:
·
Kecenderungan
untuk selalu menginformasikan secara transparan dan proporsional kepada orang
lain atas segala rencana, proses pelaksanaan, dan keefektifan, kelebihan dan
kekurangan pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi
·
Terbuka
atas saran dan kritik yang disampaikan oleh atasan, teman sejawat, bawahan, dan
pihak lain atas pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi
4) Mampu mengendalikan diri dalam menghadapi
masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah:
·
Memiliki
stabilitas emosi dalam setiap menghadapi masalah sehubungan dengan suatu tugas
pokok dan fungsi
·
Teliti,
cermat, hati-hati, dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan suatu tugas pokok
dan fungsi
·
Tidak
mudah putus asa dalam menghadapi segala bentuk kegagalan sehubungan dengan
pelaksanaan suatu tugas pokok dan fungsi
5) Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai
pemimpin pendidikan:
·
Memiliki
minat jabatan untuk menjadi kepala sekolah yang efektif
·
Memiliki
jiwa kepemimpinan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah
B.
Kompetensi Manajerial
1) Mampu menyusun perencanaan sekolah untuk
berbagai tingkatan perencanaan:
·
Menguasai
teori perencanaan dan seluruh kebijakan pendidikan nasional sebagai landasan
dalam perencanaan sekolah, baik perencanaan strategis, perencanaan operasional,
perencanaan tahunan, maupun rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah,
·
Mampu
menyusun rencana strategis (renstra) pengembangan sekolah berlandaskan kepada
keseluruhan kebijakan pemdidikan nasional, melalui pendekatan, strategi, dan
proses penyusunan perencanaan strategis yang memegang teguh prinsip-prinsip
penyusunan rencana strategis yang baik.
·
Mampu
menyusun rencana operasional (Renop) pengembangan sekolah berlandaskan kepada
keseluruhan rencana strategis yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi,
dan proses penyusunan perencanaan renop yang memegang teguh prinsip-prinsip
penyusunan rencana operasional yang baik.
·
Mampu
menyusun rencana tahunan pengembangan sekolah berlandaskan kepada keseluruhan rencana
operasional yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan proses
penyusunan perencanaan renop yang memegang teguh prinsip-prinsip penyususnan
rencana tahunan yang baik.
·
Mampu
menyususn rencana anggaran belanja sekolah (RAPBS) berlandaskan kepada
keseluruhan rencana tahunan yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi,
dan proses penyusunan RAPBS yang memegang teguh prinsip-prinsip penyusunan
RAPBS yang baik.
·
Mampu
menyusunperencanaan program kegiatan berlandaskan kepada keseluruhan rencanan
tahunan dan RAPBS yang telah disusun, melalui pendekatan, strategi, dan proses
penyusunanperencanaan program kegiatan yang memegang teguh prinsip-prinsip
penyususnan perencanaan program yang baik.
·
Mampu
menyusun proposal kegiatan melalui pendekatan, strategi, dan proses penyusunan
perencanaan program kegiatan yang memegang teguh prinsip-prinsip penyusunan
proposal yang baik.
2) Mampu mengembangkan organisasi sekolah
sesuai dengan kebutuhan:
·
Menguasai
teori dan seluruh kebijakan pendidikan nasional dalam pengorganisasian
kelembagaan sekolah sebagai landasan dalam mengorganisasikan kelembagaan maupun
program insidental sekolah.
·
Mampu
mengembangkan struktur organisasiformal kelembagaan sekolah yang efektif dan
efisien sesuai dengan kebutuhan melalui pendekatan, strategi, dan proses
pengorganisasian yang baik.
·
Mampu
mengembangkan deskripsi tugas pokok dan fungsi setiap unit kerja melalui pendekatan,
strategi, dan prosespengorganisasian yang baik
·
Menempatkan
persionalia yang sesuai dengan kebutuhan
·
Mampu
mengembangkan standar operasional prosedur pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
setiap unit kerja melalui pendekatan, strategi, dan proses pengorganisasian
yang baik.
·
Mampu
melakukan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan
prinsip-prinsiptepat kualifikasi, tepat jumlah, dan tepat persebaran.
·
Mampu
mengembangkan aneka ragam organisasi informal sekolah yang efektif dalam
mendukung implementasi pengorganisasian formal sekolah dan sekaligus pemenuhan
kebutuhan, minata, dan bakat perseorangan pendidikan dan tenaga kependidikan
3) Mampu memimpin guru dan staf dalam rangka
pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal:
·
Mampu
mengkomunikasikan visi, misi, tujuan, sasaran, dan program strategis sekolah
kepada kesuluruhan guru dan staf.
·
Mampu
mengkoordinasikan guru dan staf dalam merelalisasikan keseluruhan rencana untuk
menggapai visi, mengemban misi, menggapai tujuan dan saaran sekolah
·
Mampu
berkomunikasi, memberikan pengarahan penugasan, dan memotivasi guru dan staf
agar melaksanakan tugas pokok dan fungsinyamasing-masing sesuai dengan standar
operasional prosedur yang telah ditetapkan
·
Mampu
membangun kerjasama tim (team work) antar-guru, antar-staf, dan antara guru
dengan staf dalam memajukan sekolah
·
Mampu
melengkapi guru dan staf dengan ketrampilan-ketrampilan profesional agar mereka
mampu melihat sendiri apa yang perlu dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan
fungsinya masing-masing
·
Mampu
melengkapi staf dengan keterampilan-keterampilan agar mereka mampu melihat
sendiri apa yang perlu dan diperbaruhiuntuk kemajuan sekolahnya
·
Mampu
memimpin rapat dengan guru-guru, staf, orangtua siswa dan komite sekolahmampu
melakukan pengambilan keputusan dengan menggunakan strategi yang tepat
·
Mampu
menerapkan manajemen konflik
4) Mampu mengelola guru dan staf dalam rangka
pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal:
·
Mampu
merencanakan kebutuhan guru dan staf berdasarkan rencana pengembangan sekolah
·
Mampu
melaksanakan rekrutmen dan seleksi guru dan staf sesuai tingkat kewengan yang
dimiliki oleh sekolah
·
Mampu
mengelolam kegiatan pembinaan dan pengembangan profesional guru dan staf
·
Mampu
melaksanakan mutasi dan promosi guru dan staf sesuai kewenangan yang dimiliki
sekolah
·
Mampu
mengelola pemberian kesejahteraan kepada guru dan staf sesuai kewenangan dan
kemamapuan sekolah
5) Mampu mengelola sarana dan prasarana
sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal:
·
Mampu
merencanakan kebutuhan fasilitas (bangunan, peralatan, perabot, lahan,
infrastruktur) sekolah sesuai dengan rencanan pengembangan sekolah
·
Mampu
mengelola pengadaan fasilitas sesuai dengan peraturan yang berlaku
·
Mampu
mengelola pemeliharaan fasilitas baik perawatan preventif maupun perawatan terhadap kerusakan fasilitas
sekolah
·
Mampu
mengelola kegiatan inventaris sarana dan prasarana sekolah sesuai sistem
pembukuan yang berlaku
·
Mampu
mengelola kegiatn penghapusan barang inventaris sekolah
6) Mampu mengelola hubungan
sekolah-masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah:
·
Mampu
merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
·
Mampu
melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembag
pemerintah, swasta dan masyarakat
·
Mampu
memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
7) Mampu mengelola kesiswaan, terutamadalam
rangka penerimaam siswa baru, penempatan siswa, dan pengembangan kapasitas
siswa:
·
Mampu
mengelola penerimaan siswa baru terutama dalam hal perencanaan dan pelaksanaan
penerimaan siswa baru sesuai dengan kebutuhan sekolah
·
Mampu
mengelola penempatan dan pengelompokan siswa dalam kelads sesuai dengan maksud
dan tujuan pengelompokan tersebut
·
Mampu
mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam membantu penguatan kapasitas
belajar siswa
·
Mampu
menyiapkan layanan yang dapat mengembangkan potensi siswa sesuai dengan
kebutuhan, minat, bakat, kreativitas dan kemampuan
·
Mampu
menetapkan dan melaksanakan tata tertib sekolah dalam memelihara kedisiplinan
siswa
·
Mampu
mengembangkan sistem monitoring terhadap kemajuan belajar siswa
·
Mampu
mengembangkan sistem penghargaan dan pelaksanaannya kepada siswa yang
berprestasi
8) Mengelola pengembangan kurikulum dan
kegiatan belajar mengajar sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional:
·
Menguaai
seluk beluk tujuan nasional, tujuan pembangunan nasional, dan tujuan pendidikan
nasional, regional, dan lokal secara tepat dan komprehensif sehingga memiliki
sikap positif akan pentingnya tujuan-tujuan tersebut sebagai arah
penyelenggaraan pendidikan dan terampil menjabarkannya menjadi kompetensi
lulusan dan kompetensi dasar.
·
Memiliki
wawasan yang tepat dan komprehensif tentang kedirian peserta didik sebagai
manusia yang berkarakter, berharkat, dan bermartabat, dan mampu mengembangkan
layanan pendidikan sesuai dengan karakter, harkat, dan martabat manusia.
·
Memiliki
pemahaman yang komprehensif dan tepat, dan sikap yang benar tentang esensi dan
tugas profesional gurusebagai pendidik
·
Menguasai
seluk beluk kurikulum dan proses pengembangan kurikulum nasional sehingga
memiliki sikap positif terhadap keberadaan kurikulum nasional yang selalu
mengalami pembaharuan, serta terampil dalam menjabarkannya menjadi kurikulum
tingkat satuan pendidikan
·
Mampu
mengembangkan rencana dan program pembelajaran sesuai dengan kompetensi lulusan
yang diharapkan
·
Menguasai
metode pembelajaran efektif yang dapat mengembangkan kecerdasan intelektual,
spiritual, dan emosional sesuai dengan materi pembelajaran
·
Mampu
mengelola kegiatan pengembangan sumber dan alat pembelajaran di sekolah dalam
mendukung pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
·
Menguasai
teknik-teknik penilaian hasil belajar dan menerapkannya dalam pembelajaran
·
Mampu
menyusun program pendidikan per tahun dan per semester
·
Mampu
mengelola penyusunan jadwal pelajaran per semester
·
Mampu
melaksanakan monitoring dan evaluasi program pembelajaran dan melaporkan
hasil-hasilnya kepada stakeholders sekolah
9) Mampu mengelola keuangan sekolah sesuai
dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien:
·
Mampu
merencanakan kebutuhan keuangan sekolah sesuai dengan rencana pengembangan
sekolah, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang
·
Mampu
mengupayakan sumber-sumber keuangan terutama yang bersumber dari luar sekolah
dan dari unit usaha sekolah
·
Mampu
mengkoordinasikan pembelanjaan keuangan sesuai dengan peraturan dan
perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi
·
Mampu
mengkoordinasikan kegiatan pelaporankeuangan sesuai peraturan dan
perundang-undangan yang berlaku
10) Mampu mengelola ketatausahaan sekolah
dalam mendukung kegiatan-kegiatan sekolah:
·
Mampu
mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman
persuratan yang berlaku sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku
·
Mampu
mengelola administrasi sekolah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan,
sarana/prasarana, keuangan, dan hubungan sekolah-masyarakatmampu mengelola
administrasi kearsipan sekolah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya
·
Mampu
mengelola administrasi akreditasi sekolah sesuai dengan preisip-prinsip
tersedianya dokumen dan bukti-bukti fisik
11) Mengelola unit layanan khusus sekolah
dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan kesiswaan di sekolah:
·
Mampu
mengelola laboratorium sekolah agar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi
kepentingan pembelajaran siswa
·
Mampu
mengelola bengkel kerja agar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kepentingan
pembelajaran keterampilan siswa
·
Mampu
mengelola usaha kesehatan sekolah dan layanan sejenis untuk membantu siswa
dalam pelayanan kesehatan sekolah dan layanan sejenis unutk membantu siswa
dalam pelayanan kesehatan yang diperlukan
·
Mampu
mengelola kantin sekolah berdasarkan prinsip kesehatan, gizi, dan
keterjangkauan
·
Mampu
mengelola perpustakaan sekolah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan
oleh siswa
12) Mampu menerapkan prinsip-prinsip
kewirausahaan dalam menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah:
·
Mampu
bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berpikir
dan cara bertindak
·
Mampu
memberdayakan potensi sekolah secara optimal ke dalam berbagai
kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan sekolah
·
Mampu
menumbuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan
warga sekolah
13) Mampu menciptakan budaya dan iklim kerja
yang kondusif bagi pembelajaran siswa:
·
Mampu
menata lingkungan fisik sekolah sehingga menciptakan suasana nyaman, bersih dan
indah
·
Mampu
membentuk suasana dan iklim kerja yang sehat melalui penciptaan hubungan kerja
yang harmonis di kalangan warga sekolah
·
Mampu
menumbuhkan budaya kerja yang efisien, kreatif, inovatif, dan berorientasi
pelayanan prima
14) Mampu mengelola sistem informasi sekolah
dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan:
·
Mampu
mengembangkan prosedur dan mekanisme layanan sistem informasi
·
Mampu
menyusun format data base sekolah sesuai kebutuhan
·
Mampu
mengkoordinasikan penyusunan data base sekolah baik sesuai kebutuhan pendataan
sekolah
·
Mampu
menerjemahkan data base untuk merencanakan program pengembangan sekolah
15) Terampil dan memanfaatkan kemajuan
teknologi informasi bagi peningkatkan pembelajaran dan manajemen sekolah:
·
Mampu
memanfatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen sekolah
·
Mampu
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik
sebagai sumber belajar maupun sebagai alat pembelajaran
16) Terampil mengelola kegiatan produksi/jasa
dalam mendukung sumber pembiayaaan sekolah dan sebagai sumber belajar siswa:
·
Mampu
merencanakan kegiatan produksi/jasa sesuai dengan potensi sekolah
·
Mampu
membina kegiatan produksi/jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang
profesional dan akuntabel
·
Mampu
melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporan
·
Mampu
mengembangkan kegiatn produksi/jasadan pemasarannya
17) Mampu melaksana-kan pengawasan terhadap
pelaksana-an kegiatan sekolah sesuai standar pengawasan yang berlaku:
·
Memahami
peraturan-peraturan pemerintah yang berkaitan dengan standar pengawasan sekolah
·
Melakukan
pengawasan preventif dan korektif terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah
C.
Kompetensi Supervisi
1) Mampu melakukan supervisi sesuai prosedur
dan teknik-teknik yang tepat:
·
Mampu
merencanakan supervisi sesuai dengan kebutuhan guru
·
Mampu
melaksanakan supervisi bagi guru dengan menggunakan teknik-teknik supervisi
yang tepat
·
Mampu
menindaklanjuti hasil supervisi kepada guru melalui antara lain pengembangan
profesional guru, penelitian tindakan kelas, dsb.
2) Mampu melakukan monitoring, evaluasi dan
pelaporan program pendidikan sesuai dengan prosedur yang tepat:
·
Mampu
menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai
·
Mampu
melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan
teknik yang sesuai
·
Mampu
menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi
D.
Kompetensi Sosial
1) Terampil bekerja sama dengan orang lain
berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi sekolah:
·
Mampu
bekerja sama dengan atasan bagi pengembangan dan kemajuan sekolah
·
Mampu
bekerja sama dengan guru, staf/karyawan, komite sekolah, dan orang tua siswa bagi pengembangan dan
kemajuan sekolah
·
Mampu
bekerja sama dengan sekolah lain dan instansi pemerintah terkait dalam rangka
pengembangan sekolah
·
Mampu
bekerja sama dengan dewan pendidikan kota/kabupaten dan stakeholders sekolah
lainnya bagi pengembangan sekolah
2) Mampu berpartisipasi dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan:
·
Mampu
berperan aktif dalam kegiatan informal di luar sekolah
·
Mampu
berperan aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan
·
Mampu
berperan aktif dalam kegiatan keagamaan, kesenian, olahraga atau kegiatan masyarakat lainnya
·
Mampu
melibatkan diri dalam pelaksanaan program pemerintah
3) Memiliki kepekaan sosial terhadap orang
atau kelompok lain:
·
Mampu
menggali persoalan dari lingkungan sekolah (berperan sebagai problem finder)
·
Mampu
dan kreatif menawarkan solusi (sebagi problem solver)
·
Mampu
melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah
kelembagaan
·
Mampu
bersikap objektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal sekolah
·
Mampu
bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain
·
Mampu
bersikap empatik/sambung rasa terhadap orang lain.
Cleaning forged iron pan could become one among the toughest housekeeping to try to to within the room for a few individuals. the dearth of data regarding a way to clean it well becomes the most reason for the issue. forged iron pan may be a no-soaper one that may finish you to a disappointment condition if you ever bit the pan along with your spumous sponge.
BalasHapusBecause a forged iron may be a special cooking utensil that wants special care, you must grasp well regarding the cooking utensil cleansing. In fact, forged iron cleansing isn't that too onerous task and also the rules of the cleansing method shouldn’t be terribly strict.
http://www.cleaningcastironskillet.net/
Cleaning forged iron pan could become one among the toughest housekeeping to try to to within the room for a few individuals. the dearth of data regarding a way to clean it well becomes the most reason for the issue. forged iron pan may be a no-soaper one that may finish you to a disappointment condition if you ever bit the pan along with your spumous sponge.
HapusBecause a forged iron may be a special cooking utensil that wants special care, you must grasp well regarding the cooking utensil cleansing. In fact, forged iron cleansing isn't that too onerous task and also the rules of the cleansing method shouldn’t be terribly strict.
http://www.cleaningcastironskillet.net/
Apa 2 sekolah bisa d kepalai oleh seorang kepala sekolah
BalasHapus