Label

Rabu, 13 Juni 2012

Gaya Mengajar

Kemenarikan Gaya Mengajar
Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain adalah metode mengajar dan relasi guru dengan siswa, dua hal tersebut berkaitan dengan kemenarikan gaya mengajar guru atau dosen karena guru atau dosen memegang peranan penting dalam pembelajaran.


1.    Kemenarikan
Menurut Baron dan Byrne (2003:262) kemenarikan interpersonal adalah “merupakan kecakapan sosial yang dimiliki seseorang dan dipersepsi menarik oleh orang lain”. Dalam pembelajaran gaya mengajar dosen yang menarik akan mempengaruhi mahasiswa lebih berminat pada materi yang disampaikan oleh dosen. Prinsip Dasar kemenarikan interpersonal adalah sebagai berikut:
a.    Penguatan
Penguatan berupa ganjaran sosial memberikan efek yang menyenangkan, dengan sesuatu yang menyenangkan tersebut maka individu akan merasa nyaman terhadap interaksi yang sedang dijalaninya. Tidak hanya itu, bahwa pada prinsipnya individu mempunyai kecenderungan untuk menyukai orang yang memberikan penilaian positif pada kita. Penilaian positif dari orang lain akan membuat seseorang senang berinteraksi dengan orang tersebut.
b.    Pertukaran sosial
Menurut Hanurawan (2007:95) “timbal balik ganjaran yang selalu diberikan diantara 2 orang selama proses komunikasi dapat memelihara saling ketertarikan dan menyinambungkan kelekatan komunikasi diantara 2 orang”.
Sears dkk (2002:217) menyatakan bahwa “rasa suka seseorang kepada orang lain didasarkan pada penilaiannya terhadap kerugian dan keuntungan yang diberikan”. Pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kemenarikan seseorang khususnya dosen dipengaruhi oleh hubungan komunikasi dua arah yang baik antara mahasiswa dan dosen. 
c.    Asosiasi
Menurut Sears dkk (2002:218) menyatakan bahwa” rasa suka terhadap seseorang dapat dipengaruhi oleh reaksi emosional yang dikondisikankan pada kejadian-kejadian yang secara acak diasosiasikan dengan orang lain”. Kemenarikan interpersonal individu dipengaruhi oleh siapa yang mempersepsinya berikut keadaan emosional orang yang mempersepsi itu, bila dihubungkan dengan pengalaman bagus maka individu akan dipersepsi menarik dan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar