Label

Rabu, 13 Juni 2012

Minat Belajar

 Pengertian Minat Belajar
Minat adalah “rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau
aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan
sesuatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri, semakin kuat
hubungan tersebut semakin besar minat” (Slameto, 2003:57). Menurut Syah (2001:136), minat adalah “kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu”. Menurut Getzel dalam Mardapi (2008:106), “minat adalah suatu disposisi yang terorganisir melalui pengalaman yang mendorong seseorang untuk memperoleh objek khusus, aktivitas, pemahaman dan keterampilan untuk tujuan perhatian atau pencapaian. Minat akan mempengaruhi siswa atau mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah yang diajarkan”. Menurut Djamarah (2000:133) “Minat merupakan alat motivasi utama yang dapat membangkitkan kegairahan belajar anak didik dalam rentangan waktu tertentu. Oleh karena itu, guru perlu membangkitkan minat anak didik agar pelajaran yang diberikan mudah anak didik pahami”.
Menurut beberapa pengertian yang dikutip dari para ahli tersebut,  minat belajar dapat disimpulkan sebagai keinginan atau antusiasme dalam diri siswa atau mahasiswa dalam mengikuti mata pelajaran perkuliahan yang dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain adalah  internal dan eksternal. Semakin tinggi minat belajar siswa atau mahasiswa maka mereka akan bersemangat dalam mempelajari hal-hal yang terkait dengan mata kuliah atau pelajaran yang diminatinya.

2.    Fungsi minat dalam belajar
Minat merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi usaha yang
dilakukan seseorang. Minat yang kuat akan menimbulkan usaha yang gigih serius dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi tantangan. Seperti ciri-ciri yang dikemukakan diatas, jika seorang siswa atau mahasiswa  memiliki rasa ingin belajar, ia akan cepat dapat mengerti dan mengingatnya.
Menurut Slameto (2003:58), siswa yang berminat dalam belajar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a.       Mempunyai kecenderungan yang tetap untuk untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara terus menerus.
b.      Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati.
c.       Memperoleh suatu kebanggaan dan kepuasan pada sesuatu yang diminati. Ada rasa keterikatan pada sesuatu aktivitas-aktivitas yang diminati.
d.      Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya daripada yang lainnya.
e.       Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar